Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Kesalahan Saat Mencari Kerja Online yang Banyak Bikin Orang Tertipu

Ada banyak kesalahan saat mencari kerja online yang mungkin tak disadari oleh orang-orang. Mencari lowongan perkejaan via onine atau internet memang mudah. Tapi jangan sampai salah. Karena banyak orang yang terkena tindak penipuan ketika mencoba melamar pekerjaan berdasarkan lowongan kerja online. Karena itu, kita harus meningkatkan kewaspadaan agar tak terjebak. Berikut ini adalah 5 kesalahan saat mencari kerja online.

kesalahan saat mencari kerja online


1. Tidak Memeriksa Validitas Situs yang Diakses

Terkadang kita terdampar atau nyasar di sebuah situs lowongan kerja yang tak jelas. Ketika melihat deretan lowongan kerja yang ada di situs tersebut, kita bisa saja langsung mengirimkan lamaran dan lain sebagainya. Cara ini sebenarnya keliru. Sebelum mengirimkan lamaran, pastikan dulu bahwa situs yang diakses itu valid.

Banyak orang atau pelamar tak memeriksa dulu situs yang diaksesnya. Yang jadi fokus utama mereka adalah deretan lowongan kerja yang ditawarkan. Hal seperti ini sebenarnya tak bagus. Sangat disarankan untuk selalu memeriksa validitas dari sebuah situs lowongan kerja. Cara ini membuat kita tak mudah tertipu.

2. Gampang Tergiur dengan Tawaran Gaji Besar

Hal yang sering membuat orang tertipu dalam lowongan kerja online adalah tawaran gaji besar. Kita tentu sering menemui lowongan kerja dengan gaji per bulan yang amat fantastis. Jangan langsung percaya dengan hal seperti itu. Telitilah semua hal yang dituliskan dalam lowongan kerja online itu.

Pastikan selalu bahwa situs atau perusahaan yang menampilkan lowongan kerja itu benar-benar ada. Tentu jadi sesuatu yang menggelikan ketika kita sudah mengirim lamaran, ternyata perusahaannya hanya fiktif dan punya tujuan yang tak baik.

3. Tak Menghubungi Kontak yang Tertera

Dalam tiap lowongan pekerjaan online, biasanya ada kontak yang bisa dihubungi oleh para pelamar. Kontak ini bisa dimanfaatkan untuk bertanya tentang segala macam hal yang berkaitan dengan lowongan yang muncul. Mulai dari di mana alamat perusahaan, atau sekadar bertanya apakah lowongan masih dibuka atau tidak.

Banyak orang yang tidak memanfaatkan layanan tersebut. Ketika melihat lowongan, ada orang yang langsung saja mengirim lamaran. Padahal, kita bisa mengajukan beberapa pertanyaan terlebih dulu kepada pihak perusahaan yang membuka lowongan.

4. Tak Membaca Secara Rinci Lowongan yang Dibuka

Ketika ada sebuah lowongan muncul, ada orang yang langsung bergegas mengirim lamaran beserta CV. Mereka dengan percaya diri langsung berupaya untuk jadi bagian dari perusahaan yang membuka lowongan kerja secara online tersebut. Padahal, mereka kadang tak membaca sepenuhnya.

Dalam tiap lowongan tentu ada syarat dan kriteria. Bacalah dengan seksama dan teliti syarat serta ketentuan untuk mendaftar. Hal ini sangat penting agar lamaran yang kita kirim bisa diterima dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan bisa makin besar.

5. Asal Melamar

Kesalahan yang juga sering dilakukan oleh para pelamar adalah mengirim lamaran sesukanya tanpa memperhitungkan apapun. Ketika melihat iklan atau lowongan kerja di internet, lamaran atau CV langsung dikirim begitu saja. Padahal, hal seperti ini bisa merugikan kita.

Dalam melamar, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya. Jangan asal kirim saja. Perbaiki CV, atau periksa lagi riwayat hidup agar kesempatan diterima di sebuah perusahaan jadi makin terbuka lebar.

Itu tadi beberapa kesalahan saat mencari kerja online yang sering terjadi.. Jika ingin diterima di perusahaan yang benar, jangan lakukan berbagai kesalahan yang sudah disebutkan tadi.

Berlangganan